Random Post

Sabtu, 31 Agustus 2013
Penjelasan Spesifikasi Komputer

Penjelasan Spesifikasi Komputer

Seringkali orang orang kurang mengerti masalah spesifikasi komputernya untuk diinstal suatu game,mereka biasanya menanyakan "laptopku merknya blablabla kuat gak main game blablabla?"
Nah disini saya mau menjelaskan sedikit yang saya ketahui soal spesifikasi komputer untuk bisa memainkan game tertentu...
Pertama tama,apa dulu itu "spesifikasi"? gamer lebih sering menyebutnya "spec",adalah kondisi komputer kita,baik itu hardware maupun softwarenya. Spesifikasi sangat penting untuk diperhitungkan saat kita akan membeli sebuah PC,karena itu berguna untuk performa komputer kita nanti,..
Untuk gamer sendiri,saya pribadi sangat menyarankan membeli Desktop/PC ketimbang laptop,kenapa?
Keuntungan tersendiri bahwa PC itu bersifat "rakitan" sehingga kita bisa meningkatkan kemampuannya,membangun menjadi PC yang lebih kuat dan lebih kuat lagi.
Berbeda dengan laptop yang pada umumnya memiliki perangkat yang sudah terpasang,beberapa perangkat bahkan tidak bisa diganti lagi,dan yang bisa digantipun,cukup merepotkan kita untuk melakukannya sendiri.

Yang harus diperhatikan saat anda memutuskan untuk membeli / membangun sebuah PC antara lain:
  • PSU/Power Supply,tentunya hal ini sangat penting untuk bisa menangani kinerja komputer anda,power supply yang terlalu rendah,tidak akan memberi fungsi yang maksimal.
  • Motherboard,adalah "rumah" utama untuk komputer kita,pilihlah motherboard terbaru agar anda bisa memasang perangkat yang jauh lebih kuat tanpa takut ketinggalan jaman karna slot motherboard anda versi lama.Ini penting diperhitungkan karna Motherboard akan terpasang untuk selamanya,kecuali anda memutuskan membeli yang baru.
  • Processor,sangat penting,kebanyakan game mengutamakan keperluan minimumnya pada prosesor tingkat tertentu,kebanyakan game sekarang memerlukan setidaknya prosesor dengan dual core padanya. Untuk prosesor sendiri,anda bisa memilihnya saat membangun PC anda untuk bekerja atau gaming,biasanya untuk gaming para gamer memilih AMD,karna performanya yang memang dihkususkan untuk game,lihat juga kecepatan prosesor anda,biasanya dinyatakan dalam satuan Gigahertz (GHz),cobalah menggunakan prosesor berkecapan diatas 2,9 GHz untuk pengalaman yang lebih maksimal.Sama seperti Motherboard,Prosesor juga akan tertanam selamanya,dengan kata lain,tidak bisa diganti/upgrade.
  • Harddisk,ini perangkat utama anda,untuk menginstal game jaman sekarang,diperlukan sangat tinggi kapasitas HDD anda,katakanlah minimal 500GB untuk langkah awal,anda bisa menambah kapasitas nantinya.perhatikan juga kapasitas tiap partisi HDD anda,disini saya akan mengambil contoh anda memiliki HDD 500GB,dibagi menjadi 2 partisi,C untuk sistem sebanyak 200GB dan D untuk data sebanyak 300GB,jangan biarkan drive C penuh,karna akan memperlambat proses anda,ini diakibatkan virtual memory anda ditaruh di drive C. Jadi setidaknya sisakanlah 25% ruang kosong dari drive anda untuk menjaga performa HDD anda.
  • Random Access Memory/RAM,biasanya disebut Memory,juga hal yang sangat perlu diuatamakan. RAM yang terlalu rendah tidak akan bisa menangani game game berat. Saya sendiri menaruh keperluan minimum RAM untuk mengatasi beberapa game,yakni 2GB untuk DDR3,bahkan beberapa sudah menerapkan minimun keperluannya sebanyak 4GB. Sama seperti Harddisk,ram juga bisa kita tambah.kebanyakan Motherboard mempunyai 2 slot RAM,sekedar saran jika anda ingin memasang 2 slot RAM,usahakan kapasitas keduanya seimbang,misalnya 4GB-4GB,jangan sampai tidak seimbang misalnya 2GB-4GB karna akan menyebabkan sistim tidak stabil.
  • Video Graphics Array/VGA,hal yang sangatt diutamakan,perlu diketahui,VGA adalah alasan orang orang sering kesulitan memainkan game mereka,karna kapasitasnya tidak mencukupi.Cukup panjang penjelasan tentang VGA ini,karena dialah yang menentukan tampilan grafis yang merupakan pondasi utama visualisasi game anda,mulai dari menyediakan resolusi yang berkualitas,serta menutupi keperluan minimum,mengatur DirectX dalam menjalankan rendering 3D,sampai jika anda menginginkan menjalankan game anda di multiscreen ataupun layar berukuran besar,VGA akan berperan penting.Untuk hal yang satu ini anda harus menyiapkan budget dalam jumlah tertentu juga agar mendapatkan pengalaman gaming yang maksimal.sebenarnya tiap komputer sudah dilengkapi VGA sendiri,biasanya disebut "onboard",namun performa Onboard ini sangatlah dibawah standar,sehingga kita akan memerlukan bantuan VGA yang lebih besar pula kekuatannya.Untuk menentukan VGA mana yang ingin anda beli,terlebih dahulu pilihlah merk,saya akan memberikan 2 rekomendasi VGA terpopuler,yakni AMD dan NVDIA,2 merk ini masing masing memiliki kelebihan,AMD dikatakan memiliki ketajaman warna yang lebih baik dibanding NVDIA,bukan berarti NVDIA tidak memiliki kelebihan dibanding AMD,NVDIA sendiri adalah VGA yang dirancang untuk gaming,sehingga catchprasenya adalah "NVDIA,means to be played".selain itu seri juga diutamakan,saya kurang tau untuk NVDIA karna saya tidak pernah menggunakannya,namun untuk AMD,dikatakan bahwa semakin tinggi serinya,semakin tinggi juga kekuatannya,misalnya seri HD4500 dan HD6450,tentunya HD6450 lebih kuat,selain itu perhatikan juga jumlah bit yang bisa ditampilkan,namun ini tidak bisa anda lihat dikemasan,hanya di menu komputer setelah VGA diinstal.Perhatikan juga DDR dan kapasitas memory.DDR sangat penting karna masalah harga,semakin tinggi DDRnya,maka semakin mahal harganya,begitu juga tentang performa.Untuk kapasitas memori,adalah hal utama yang bisa anda nilai dikemasan VGA itu sendiri,pilihlah VGA dengan memori 1GB keatas untuk memenuhi standar keperluan.soal performa,saya sendiri pernah mendengar sebuah VGA DDR5 1GB,itu jauh lebih kuat dibanding VGA DDR3 dengan kapasitas memori 2GB.jadi cermatlah saat memilih.
  • Operation System/OS.Jangan sampai salah menginstal OS,game sudah mengatur OS minimal dimana game bisa dijalankan.tentunya kita sedang membicarakan OS windows,karna mac tidak akan bisa mengeksekusi file berekstensi .exe.untuk windows sendiri gunakanlah windows yang ringan,dan kompatibel untuk game anda,bacalah keperluan minimum sebuah game,sehingga anda tidak akan menyesal karna menginstal windows yang tidak cocok dengan game pilihan anda.saya biasa mengecek keperluan minimum disini.Sejak akhir 2012,kebanyakan game menerapkan minimum windows Vista/7 untuk bisa dijalankan,itu berarti anda tidak akan bisa memainkannya di komputer berOS WindowsXp,jadi perhatikan baik baik saat akan menginstal OS.Untuk windows 8,beberapa game masih tidak kompatibel,namun nampaknya akan segera diperbaiki oleh pihak microsoft yang akan merilis windows baru berkat kegagalan windows 8.
  • DirectX,digunakan untuk memainkan Game HD,directX kadang menjadi syarat minimum,agar tetap update,installah terus DirectX terbaru,untuk windows XP,directX anda maksimal ditetapkan pada DirectX 9.0,sedangkan untuk windows 7,anda bisa memaksimalkan sampai DirectX 11.

Cara melihat spesifikasi komputer kita

- Power Supply/PSU :anda bisa langsung buka casing komputer anda,dan lihat stiker yang tertera di PSU anda.

- Motherboard:saat menyalakan komputer anda,dan terdengar bunyi "beep" segera tekan tombol pause/break.

- Harddisk:anda bisa langung melihat di stiker yang ditempelkan di HDD anda,namun juga bisa dengan menghitung jumlah maksimal tiap partisi yang bisa anda lihat di my computer (windows vista/7) atau klik kanan partisi,lalu klik properties (windows XP)

- Prosesor: klik kanan di icon My Computer,lalu pilih Properties,maka akan ada tampilan yang menampilkan spesifikasi Prosesor anda,OS yang anda gunakan,dan kapasitas RAM anda.

- RAM: Klik kanan di icon My Computer,lalu pilih Properties,maka akan ada tampilan jendela yang muncul,lihat tulisan Installed Memory (RAM),terlihat jumlah RAM yang terpasang dan terpakai.
Disini anda bisa melihat spesifikasi dasar komputer anda.


- VGA: klik icon start menu,lalu pilih run,tulis DXDIAG,lalu tekan enter,setelah jendela DXdiag keluar,pilih tab display,anda bisa melihat kapasitas memori VGA anda di tulisan Approx Total Memory,dan juga bisa melihat keaktifan DirectX anda.
Tab display dari DXDiag digunakan untuk memeriksa VGA  anda.
- DirectX : sama seperti diatas,buka jendela DXDiag,namun kali ini klik tab System.
anda juga bisa melihat sistem dasar komputer anda,misalnya Prosesor,RAM,OS,dll.
Tab System berguna untuk mengetahui informasi dasar dari komputer anda,termasuk Prosesor,RAM,OS, dan DirectX
Saya kira sekian hal kecil tentang spesifikasi komputer yang bisa saya jelaskan,mohon maaf jika ada yang salah dan kurang,karna saya hanya mengshare hal yang saya tahu.jika ada kritik dan saran silakan tinggalkan komentar.
Dan pesan saya,sebaiknya periksalah keadaan komputer anda sebelum memutuskan membeli game,agar anda tidak mendapatkan penyesalan kemudian.

3 komentar:

  1. Mohon sarannya mas kira2 klo untuk main ets2 dan editing laptop apa dan tipe apa ? Maklum. Karena saya masih newbie banget. Gk seberapa paham tentang laptop itu sendiri.

    #terimakasih

    BalasHapus